Sepatu Bola Piala Dunia 2010 Buatan Indonesia, Katanya

Sarapan berita pagi ini mengantar saya ke sebuah forum. Di sana ada satu thread dengan judul menarik. Isinya tentang kabar bahwa salah satu merk sepatu bola untuk Piala Dunia 2010 dibuat di Indonesia. Katanya. Sang Thread Starter (TS) kemudian mengatakan bahwa dia bangga dengan hal itu, lalu bertanya apakah yang lain juga merasa bangga dengan hal tersebut. Kebanyakan merasa tidak bangga.

Saya juga merasa biasa-biasa saja. Tidak bangga. Seperti kebanyakan komentar, saya setuju bahwa sepatu itu dibuatnya saja di Indonesia. Dengan tenaga kerja yang dibayar murah. Identitas merk, desain, dan lain-lainnya tetap berstatus negara asalnya. Dalam hal ini Jepang sebagai negara asal pemegang merk sepatu itu. Belum lagi fakta bahwa sepatu itu bukan sepatu yang dipakai oleh pemain-pemain dari negara-negara yang bermain di Piala Dunia 2010. Kemungkinan itu sepatu untuk jualan suvenir. Dalam hal ini kita punya pengalaman ketika ada kabar heboh bahwa Piala Dunia 1998 menggunakan bola buatan salah satu kabupaten di Indonesia. Ternyata bola itu untuk suvenir, bukan dipakai di lapangan.

Nah, kan. Jadi intinya ini perkara bisnis saja. Karena pertimbangan bisnis, berbagai merk dunia banyak yang mempercayakan produksinya ke perusahaan-perusahaan di Indonesia. Saya tidak bangga dengan status “sepatu itu diproduksi di Indonesia”, tapi saya turut berbahagia untuk pihak pabrik yang mendapat orderan mengerjakan produksi tersebut. Apalagi pabrik itu menghidupi banyak keluarga.

Di sinilah ingatan saya pun otomatis berkelebat ke nasib para buruh pabrik berupah rendah dengan kesejahteraan minim yang mengerjakan produksi merk-merk terkenal berharga jual mahal. Seperti tersaji secara gamblang dalam film dokumenter (dan buku) John Pilger berjudul The New Rulers of the World.

Dalam konteks bangga-banggaan ini, saya lebih merasa bangga ketika mulai masuk ke jagad blogosphere, menggunakan mesin WordPress, lalu saya tahu sedikit demi sedikit, bahwa ternyata Indonesia punya banyak orang hebat urusan WordPress. Nah ini yang bikin saya bangga. ;-)

Menurut Anda bagaimana?

Comments

  1. says

    Hebat negara kita dong, sepatu buatan kita dipercaya buat dipakai pemain piala dunia, semakin maju deh dunia industri kita, pengangguran berkurang, pendapatan dan devisa bertambah (terlalu muluk-muluk kayaknya) tetapi tetap menjadi kebanggaan buat kita semua.
    .-= Daniel JP´s last blog ..Berani untuk mencoba. =-.

  2. says

    sy ikut bangga walau bagaimanapun krn brrti Indonesia msh dipercaya untuk memproduksi barang yg bakal berpartisipasi di acara yg terkenal sejagad.. untuk WP memang Indonesia punya byk talenta berbakat dan itu jg membanggakan :)

  3. says

    saya bangga, walaupun hanya souvenir, tp kan tetap di buat di Indonesia, paling tidak pemilik merk dari luar negeri mengakui kualitas Indonesia, sehingga membuat barangnya di Indonesia.
    Ingat bahwa membuat barang eksport itu tidak mudah, kualitas mesti di jaga..

  4. says

    sebenarnya banyak berita yang buat indonesia misis,, walau buat sofeir yah masi bagus lah dikit.. mudah2an besoki kita bisa bangkit lebih baik,, semua tergantung pemimpinya c ya hhee.. salam kenal

Silakan Komentarnya