Tujuh Tempat Terbaik Kursus Gratis Terjemahan

Di zaman Internet seperti sekarang ini, menjalani hidup sebagai penerjemah lepas waktu profesional terasa lebih mudah. Bekerja di rumah, jam kerja diatur sendiri, pekerjaan sering datang sendiri via email, pembayaran rutin masuk rekening tiap bulan dalam jumlah yang cukup untuk membakar semangat kerja dan pasang cita-cita beli kendaraan, rumah dan naik haji bersama pasangan dengan biaya sendiri tanpa harus pinjam ke bank. Itu semua mungkin dan bisa berlaku bagi siapa saja. Syaratnya ada pada kebiasaan membaca dan menulis, baik itu di bidang yang dikuasai maupun di bidang-bidang lain yang tidak terlalu dikuasai tapi cukup familiar sehingga tidak butuh waktu lama untuk akrab (konsep well-rounded person).

Saya sebut relatif, karena memang hidup tidak pernah benar-benar mudah, sekaligus hidup tidak pernah betul-betul susah. Kunci hidup selalu sama: niat, motivasi, disiplin, manajemen diri, sikap mental pembelajar, pola pikir dan pola sikap positif, efektivitas dan efisiensi kerja, kemampuan membangun dan mengembangkan jaringan, itu semua wajib ada pada diri kita, baik penerjemah maupun profesi lain. Di sinilah hukum relativitas itu bekerja. Ada orang yang punya sikap yang tepat, ada yang tidak. Ada orang yang mau belajar, ada yang malas.

Untuk Anda yang sudah punya niat dan kemauan untuk jadi seorang penerjemah, sekurang-kurangnya ada tujuh tempat yang bisa dijadikan sebagai sarana kursus gratis untuk mengasah keterampilan, pengetahuan dan pengembangan diri sebagai penerjemah.

Milis Bahtera, Bahasa dan Terjemahan Indonesia

http://groups.yahoo.com/group/Bahtera/

Himpunan Penerjemah Indonesia

http://www.hpi.or.id

Kritik Terjemahan Bahtera

kritik.bahtera.org

Catatan Penerjemahan

penerjemahan.wordpress.com

Belajar CAT Tools

http://www.facebook.com/home.php?sk=group_139813182734389

Proz.com

www.proz.com

Translatorscafe.com

 

www.translatorscafe.com

Anda punya pengalaman pribadi dengan tempat-tempat di atas? Atau Anda punya tempat lain yang mau ditambahkan? Silakan cantumkan di kolom komentar ya.

Comments

Silakan Komentarnya