Google Translate Dukung Bahasa Indonesia

Berbahagialah orang-orang yang berpuasa, karena sebentar lagi Idul Fitri akan tiba. Berbahagialah para blogger yang ceria, karena Google Translate kini sudah mendukung Bahasa Indonesia. :grin:

Pagi tadi saya membuka Friendster dan sontak melihat postingan Putra di buletin dengan judul bombastis:

Hebat! Google Translate Kini Mendukung Bahasa Indonesia!

Saya baca blog Putra tentang itu, lalu menjelajahi Google, ternyata memang betul kini bahasa Indonesia sudah didukung oleh Google Translate. Bisa jadi ini kabar gembira bagi yang selama ini menantikannya.

Saya lihat kawan-kawan blogger yang membahasnya juga sudah menjajal kemampuan mesin translasi Google itu. Ada terjemahan yang tampak benar mendekati sempurna. Ada yang jelas-jelas ngawur tapi jadi lucu. Wajarlah, namanya juga mesin. Dia tidak punya sense of language alias rasa berbahasa atau kepekaan berbahasa. Ini anugerah yang khusus diberikan kepada manusia.

Dengan segala keterbatasan yang ada, mesin ini mungkin bisa tetap membantu sebagian kalangan. Mereka yang selama ini bermain di lahan paid-to-review tapi mengandalkan jasa content writer karena kurang bisa berbahasa Inggris, tentunya ingin menjajal mesin ini. Lumayan menghemat pengeluaran. :grin:

Para penerjemah juga mungkin bisa mendapat manfaat dari mesin ini. Sebagai penerjemah, saya pribadi sudah lama tidak menggunakan perangkat lunak penerjemahan apapun. Berdasarkan pengalaman, mesin-mesin itu malah merepotkan sih, hehehe.

Tapi saya tidak mau bersikap antipati terhadap setiap yang baru. Jadi setiap kali ada mesin translasi baru, saya usahakan tetap bertanya kepada para penggunanya. Begitu juga dengan dukungan Google Translate terhadap bahasa Indonesia ini. Saya sudah tanyakan hal ini kepada Kang Harry, seorang penerjemah profesional. Semoga segera ada tanggapan.

Ngomong-ngomong, Anda sendiri sudah mencobanya? Menurut Anda, bagaimana kualitas terjemahannya? Kira-kira, siapa lagi ya yang bisa mengambil manfaat dari mesin ini?

Oia, kapan ya Google Adsense mendukung konten bahasa Indonesia? Pastinya itu yang paling ditunggu para blogger dan dolar mania. hehehe :grin:

Catatan: gambar diambil dari Google Translate.

Comments

  1. says

    hehehe..
    kunjugan balik mas…

    iya, saya juga dah jajal…hasilnya sih memang masih banyak yang kacau..tapi begini aja juga dah duahsyaaat buangget…(hehehe..over)…

    badge “u comment. i follow” nya ternyata cocok juga ya untuk background selain hitam..

    (^_^)v
    ..peace..

Trackbacks

Silakan Komentarnya