SEMILOKA ENGLISH TEACHING THROUGH LITERATURE

Penggunaan teks sastra sebagai teknik pembelajaran bahasa Inggris kian populer saja. Dalam hal ini teks sastra dapat digunakan untuk pembelajaran keterampilan berbahasa (listening, speaking, reading, writing) dan aspek-aspek bahasa (vocabulary, grammar, pronunciation, dll). Teks sastra menjadi komponen dasar dan sumber teks otentik dalam pembelajaran.

Tentunya ada alasan dan manfaat di balik penggunaan teks sastra di kelas-kelas bahasa Inggris. Selain itu, dibutuhkan juga semacam panduan atau kriteria tentang memilih teks sastra yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran. Sudah barang tentu di sana juga ada masalah-masalah yang dihadapi oleh guru/dosen dalam praktik pembelajarannya.

Bagaimana, kapan, di mana, dan kenapa sastra harus dimasukkan ke dalam kurikulum pembelajaran bahasa Inggris, itulah agaknya yang hendak dikaji secara mendalam dalam sebuah hajatan ilmiah bertajuk SEMILOKA ENGLISH TEACHING THROUGH LITERATURE: EXPLORING AND EXPLOITING NARRATIVE TEXTS yang digelar oleh Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI.

Berikut ini saya sampaikan informasi lengkap yang saya peroleh dari pihak panitia. Jika Anda menghendaki keterangan lebih terperinci, silakan langsung kontak pihak panitia sebagaimana tertera di sana.

SEMILOKA ENGLISH TEACHING THROUGH LITERATURE: EXPLORING AND EXPLOITING NARRATIVE TEXTS

Panel Speakers:

1. Dr. Safrina Noorman, M.A. (Dosen Senior Sastra Inggris, FPBS, UPI Bandung)

2. Clara Evi Citraningtyas, Ph.D. (Dekan Fakultas Liberal Arts, UPH Tangerang)

3. Itje Chodijah, M.A. (Konsultan Teaching English for Young Learners)

4. Siti Wahidah Djawad, Ph.D. (Dosen Universitas Negeri Jakarta)

Venue : Auditorium B, 4th Floor FPBS Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung

Date : 09 February 2010

Time : 08.00 – 17.00

Fee : Rp. 75,000.- inclusive lunch, snacks, seminar kits

Contact : (022) 2002443

Email : luluamalia@upi.edu

Click here for Facebook invitation of the event

Comments

  1. yusuf nur says

    Mohon diberi kabar apabila ada seminar mengenai sastra atau
    linguistik di lingkungan universitas pendidikan indonesia. Saya sangat tertarik untuk menjadi peserta seminar. Terima kasih.

Silakan Komentarnya