Selamat Hari Raya Idul Fitri 1429H

Sebagai orang yang ber-ittiba kepada pendapat rukyat hilal global, perbedaan awal dan akhir Ramadhan sudah biasa saya jalani. Begitu juga malam tadi. Sejak lepas magrib hingga jelang subuh, saya coba lacak berita-berita tentang sudah terlihatnya bulan baru, atau hilal, yang menjadi penanda berakhirnya Ramadhan dan masuknya Syawal.

Beberapa menit setelah saya makan sahur, atau sekitar pukul 3.30 dini hari tadi, akhirnya ada juga kabar itu. Salah satunya yang saya kutip dari situs HTI ini:

Setelah memeriksa hilal syara pada malam ini (Senin 29 September 2008), maka telah terbukti adanya ru’yat hilal secara syar’iy di sejumlah negeri muslim. Karena itu Selasa (30 September 2008) adalah Idul Fitri 1 Syawal 1429 H.

Sebagai orang-orang yang sudah dewasa dalam berilmu, dan matang dalam bersikap, tentu saja perbedaan semacam ini tidak perlu jadi ajang perpecahan. Sikapi secara wajar saja.

Kepada para blogger yang merayakannya, dan siapapun yang mampir ke mari, tak lupa saya ucapkan:

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429H
Taqabbalallaahu minnaa wa minkum, shiaamana wa shiaamakum.
Minal aidin wal faidzin. Kullu’aamin wa antum bikhair.
Mohon Maaf Lahir Batin.

Semoga ini menjadi titik baru bagi upaya kita untuk semakin memperbaiki kualitas diri.

*gambar diambil dari situs ini.

Comments

Trackbacks

  1. [...] SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1429H Taqabbalallaahu minnaa wa minkum, shiaamana wa shiaamakum. Minal aidin wal faidzin. Kullu’aamin wa antum bikhair. Mohon Maaf Lahir Batin. [...]

Silakan Komentarnya