Belajar Blogging dari Blogguebo

blogguebo

Juni 2008 adalah awal mula saya masuk ke dunia blogging. Sebagai orang yang senang dengan dunia internet, bisa dibilang terlambat jika saya mulai nge-blog saat itu. Tapi sejujurnya memang itulah titik ketika saya merasa ingin nge-blog. Sebelum itu, saya berinternetan untuk hal-hal lain. Utamanya sih untuk kepentingan riset saja.

Ketertarikan saya terhadap blog dipicu oleh kecintaan saya terhadap dunia baca-tulis. Dunia literasi. Selalu menarik membaca pengalaman para blogger. Saya juga menikmati setiap ilmu baru yang saya peroleh dari setiap blogger. Dari situ muncul hasrat untuk nge-blog.

Tapi yang lebih memicu saya untuk nge-blog adalah potensi blog. Salah satunya adalah bahwa blog bisa menjadi ladang pemasukan. Ya, saat itu saya baru sadar sesadar-sadarnya, bahwa blog ternyata bisa menghasilkan rupiah atau dolar, dan mata uang lainnya. Apalagi nge-blog tidak berlawanan dengan aktivitas standar saya sejak dulu: menulis dan menerjemahkan, serta bermain-main dengan kata-kata dan bahasa.

Maka masuklah saya ke dunia blogosphere. Dengan pemahaman teknis yang sangat awam, saya berjalan tertatih-tatih, sambil berpegangan pada dinding-dinding lorong yang gelap gulita. Maka betapa bersyukurnya saya ketika dalam perjalanan itu menemukan beberapa cahaya. Salah satu cahaya yang membantu proses belajar saya adalah blogguebo.

Blogguebo adalah blog milik Medhy Aginta Hidayat. Sebagai orang awam binti cupu, menemukan blogguebo ibarat menemukan segalon air mineral di tengah padang pasir. Dari situlah saya belajar banyak sekali tentang hal-ihwal blog, khususnya potensi monetisasi sebuah blog.

Sesuai dengan tajuknya, Blogguebo Menghadirkan Tips-tips Menghasilkan Uang Lewat Blog. Di sana saya seperti hadir di sebuah ruang kelas, menatap seorang dosen yang piawai menjelaskan perkara-perkara rumit dalam bahasa yang sederhana. Kesederhanaan yang membuat segala ilmu di sana begitu mudah dipahami. Selanjutnya tinggal dipraktekkan dalam kesungguhan berbalut semangat pantang mundur.

Kelengkapan dan keluasan cakupan isi Blogguebo membuat saya selalu merekomendasikan blog tersebut kepada setiap kawan yang ingin belajar blogging.

Jadi, jika Anda yang membaca tulisan ini kebetulan sedang ingin belajar blogging, dan merasa perlu membaca banyak hal tentang potensi monetisasi blog, saya mengajak Anda untuk sering-sering berkunjung ke Blogguebo. Jangan lupa berlangganan rss feed-nya.

Sebagai catatan akhir, saya tegaskan bahwa tulisan ini bukan tulisan review. Tidak ada yang menyuruh atau memesan saya membuat tulisan ini. Postingan ini saya tulis karena saya ingin berbagi kepada setiap orang yang sedang belajar nge-blog. Alasan yang lebih utama lagi, saya ingin berterima kasih kepada Mas Medhy, atas blognya yang bermanfaat bagi pembelajaran saya.

Mas Medhy, terima kasih tak terhingga untuk Anda. Salam sukses! :smile:

Comments

Silakan Komentarnya