Membangun Bisnis Warnet dan Game Online Yang Menguntungkan

Mungkin ada sebagian orang yang berpikiran bahwa bisnis warnet alias warung internet kini sudah tidak lagi menguntungkan. Ini terutama didasari oleh realita bahwa sekarang akses internet sudah semakin mudah, dengan adanya layanan internet baik itu dalam format ADSL maupun GPRS/3G/HSDPA, dengan biaya bulanan yang relatif terjangkau.

Tapi jangan lupa, bahwa semua layanan itu membutuhkan adanya komputer, yang tidak setiap rumah atau keluarga memilikinya karena faktor harga. Penetrasi laptop/notebook juga belum terlalu masif karena harganya juga masih terbatas untuk kalangan menengah hingga atas. Artinya secara fisik jasa warnet masih memiliki daya tarik tersendiri, khususnya di lokasi-lokasi sekitar kampus dan sekolahan.

Persoalannya tinggal bagaimana membangun dan mengelola bisnis warnet yang menguntungkan. Saya sendiri sekarang lebih tertarik ke konsep warnet dan game online yang disatukan. Ini karena komunitas pemain alias gamers ternyata bisa menjadi ceruk pasar yang memiliki loyalitas tinggi terhadap produk layanan. Coba saja lihat di game center di sekitar kita. Betapa banyak anak-anak yang rela menghabiskan waktu berjam-jam, bahkan berhari-hari, di depan komputer. Dan yang dilakukannya hanyalah bermain game online kesayangan. Di warnet/game online milik teman saya, saya sering melihat ada beberapa anak yang bahkan rela membayar paket sewa 24jam. Bukankah ini menunjukkan loyalitas konsumen yang tinggi?

Lalu bagaimana caranya supaya ketika kita membangun bisnis warnet dan game online, kita bisa punya konsumen-konsumen yang seperti itu? Bagaimana cara kita membangun jaringan yang baik sehingga akses internet di warnet/game online kita stabil dan tetap kenceng bahkan ketika semua unit terisi penuh?

Buku Rahasia Membangun Bisnis Warnet dan Game Center Yang Pasti Untung yang ditulis oleh Stevanus Asputra bisa menjadi panduan yang baik untuk Anda dan siapa saja yang punya cita-cita membangun bisnis warnet/game center. Ini buku yang langka secara topik, dan bagus karena isinya begitu rinci menjelaskan setiap detil langkah-langkah mulai dari persiapan membangun warnet/game center hingga pengelolaannya. Aspek teknis juga mendapat porsi tersendiri, sehingga orang awam pun bisa secara ototidak menjadi ahli jaringan.

Ditulis dengan bahasa penyajian yang baik dan disertai gambar-gambar yang membantu pembacaan, buku ini sangat baik untuk Anda yang ingin punya bisnis warnet dan game center yang menguntungkan.

Comments

  1. ahmad says

    Sharing……

    Sudah 3 th saya membuka warnet (tanpa game online) dengan komputer branded pentium4 2.8, 40gb,512M,vga256mb, monitor LED 16″ fasilitas headphone, printer, scanner. 12 client. Speedy 2M.

    Modal: (tempat punya sendiri)
    Komputer 12 * 2jt = 24jt
    Router 1jt
    Meja/kursi/sekat/ bikin dari triplek 1.2mm @250rb = 3jt
    jok busa 2jt
    kabel dan konektornya 500rb
    lain lain 500rb
    Total 31jt.

    Pendapatan:
    5 bulan pertama cuma dapat 125rb/hari
    12 bulan berikutnya dapat 250rb/hari
    setelah 2th 400-500rb/hari.

    Pengeluaran:
    2 Operator 1.5jt/bln
    listrik dan speedy 1.2jt/bulan
    lain lain 200rb
    Total pengeluaran sekitar 3jt.

    Jadi sebulan bersih 12-15jt dikurangi 3 juta = 9-12jt.

    Sekarang mau ganti spek komputer untuk game online juga….
    salam,
    czechnya@multiply.com

  2. says

    gan, dapetin bukunya bisa beli dimana ?? saya tertarik… dan untuk mengelola maintenance warnet supaya tetap bagus.. dan program billingnya pake apa yang bagus… serta update gamnya langsung dari server itu gimana caranya ga… tolong dibantu… ini email saya gan agus_santhuso@yahoo.com

  3. mara says

    saya juga tertarik nih buat bisnis game online n warnet tapi gimana caranya yach? kan modalnya gede amat. kalo tuk tempat sih strategis. trus gimana nich solusinya? kalo misal pengen buka yang keci2an dulu brp modalnya? o..ya aye juga gaptek nich soal komputer. tolong dibantu solusinya ya.makasih atas perhatiannya.

  4. arya says

    untuk jaringan nya sebaiknya menggunakan apa ya….? soalnya gue mau buka gemes online…..!!!mohon informasinya… thnks

  5. says

    Assalamualaikum…
    Salam sukses bwat teman2 pengusaha …
    Bisnis warnet adalah amanah, dan sekaligus salah satu sarana penting di daerah terpencil seperti tempat saya ..”dipelosok tangerang”, yg tidak dapet koneksi speedy, atw recover banyak isp, baik nasional maupun umum…
    tapi dengan tekat keras dan yakin ,,, ternyata bisa juga terealisir keinginan membuat warnet di daerah pinggiran seperti saya…
    Setelah merakit satu persatu ( nyicil ) kompi dengan spek P4 2,4, ddr1 512,20Gb,lcd17″.budget satuan kira2: 1.5jt ( itupun gag langsung banyak…!!) server LGA2.8,1gb, 20gb mainbord secon brandit beli di MG2, + monitor 8in, b/w…!!( biar hemat listrik ), biling + meja bikin sendiri dari tempat loakan kayu ( 1 biling+meja kira2 abis 20rb )
    Nah setelah komplit… pusing cari isp yg support daerah…!! terpaksa experimen pake provider seluler “sm**t”… !! …. apakah selesai …??tentu belum.. karena di daerah saya tidak tercover jaringan evdo…!!
    terpaksa puter otak lagi…!! jika beli antena plus pigtail modem… harganya 500rb-an, ckckckck… mahal..!! sambil ngelamun.. tetangga ada yg sedang puter2 antena external tvnya, ahaaa… muncul idea… kenapa gag pake antena tv ajah..!! eh bisaa… langsung 4 bar…xixixi..!! test..dispeedtest.net, dapet download: 1.5mbps, upload 1.5 mbps… mantab…!!
    sekarang lancar tenan bwat sekedar browsing dikampung saya sudah bisa internetan…!! tips supaya gag lemood… pake squid proxi windows…!!
    bagi teman2 yg punya niat … jangan kehalang hanya karena biaya…
    ada niat ada jalan… ada tekad ada peluang..!! salam..!!!
    buat yg mpunya web… maaf kepanjangan…!! lagi iseng sih…xixixixi..!!

  6. pangtau says

    “Game Online….??,Weeewww…..kata game online udh ga asing tuh di telinga gw….’awal bulan maret 2010 lalu aku udh mulai dgn bisnis ini…,tadinya sih aku bisnis konter hp dan jualan pulsa,tapi akhirnya bangkrut krn biaya operasional ga sebanding dgn pendapatan,akhirnya aku mulai dgn bisnis ini..’yah…game online..!!!,awalnya sih sepi mungkin masih baru kali,tapi dgn cara promosi yg aku lakuin sendiri akhirnya game yg berjumlah 12 PC utk klien dan dgn koneksi “….” + VPN akhirnya usaha gw udh mencapai BEP yg gw ga sangka2..,yg menarik dan keuntungan yg gw dapet dgn uasaha ini user yg main suka rela memakai billing meraka utk mem patch game2 favorit mereka,jadi aku ga perlu sibuk2 lagi membuangkan wkt utk semua itu,itu mungkin pelayan yg memuaskan mulai dati operator yg ramah, dan bonus yg di berikan kepada user…,rencana bulan dpan aku mau buka cabang lagi dgn 20 PC dan spek yg lebih di atas dari pada PC2 yg terdahulu.bagi yg berminat dan asal ada kemauan saya rasa pasti bisa,aku aja wlpun punya usaha ini sampe skrng ga ngerti apa yg user mainkan game mereka,:(,krn aku sih cuma ngambil sisi bisnisnya aja.hehehehee….sekian comment dari aku… :-)

  7. Agus Ristiono says

    Mas tolong kemana saya harus pesan Buku Rahasia Membangun Bisnis Warnet dan Game Center Yang Pasti Untung karangan Stevanus Asputra

  8. erly says

    gmn cra mulai bsnis warnet-gme online prtama x??brp modal yg klr??klo mdal di bwah 50jt bs dpt ga??tmpat2 mna aja yg biasa bgs-strategis-mnjanjikan??lebih sip buka 24jam/ hny 18jam-an aja ya???tlg dong di bantu ksh solusi ya???tx bgt..oh ya klo sby msh ok ga dg bsnis tsb??

  9. uphi says

    Bisa tidak mendirikan warnet di daerah yang tidak ada layanan telponnya?
    kalau bisa modalnya berapa ya?
    Balas ke emailku ya ma kasih sebelumnya

  10. siswoutomo says

    Aku punya warnet+game online 6client 1 server 250GB, semua P4, monitor 17LCD, Hardisk 40GB untuk client, mau tak jual soalnya daerahku pinggiran, jadi kurang untung. Yang ingin pasang warnet ataupun Game Online, bisa hubungi aku dan aku bisa install warnet/game online.
    Nomor telpku Flexi: 031-71875111, Rumah : 031-8011155, HPku : 085732899914
    Kalau berminat aku jual sekalian rumahku+Warnet/Game Onlinenya. Sorry uangnya untuk buat modal usaha lagi brow.
    Rumahku daerah sedati-Sidoarjo
    Terima kasih atas perkenannya pasang iklan ini dan maaf yach

  11. says

    Pingin juga bisnis warnet & game online, tapi modalnya gede juga puluhan juta. Untuk yg modal kecil seperti aku harus mutar otak supaya bisa bisnis online dgn modal sekecil2nya tapi untung segede2nya :lol:

    • says

      @WonK SenK,
      besar-kecil bisa disesuaikan mas.
      tergantung kondisi kitanya.
      yg besar itu biasanya ketika melibatkan sewa tempat, ditambah jumlah PC-nya juga banyak.
      btw, terima kasih sudah berkunjung :-)

    • says

      @mashengky.com,
      modal relatif gan, tergantung kondisi kitanya juga.
      kalo sudah punya tempat sendiri, dg 50 jeti udah cukup tuh gan.
      kemaren2 bantu temen buka dg sistem sewa tempat di Dipati Ukur, dia habis sekitar 200jt untuk 28 PC.

Silakan Komentarnya